PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN INSTRUKTUR KLINIK TENTANG PRESEPTOR MENTOR DI POLTEKKES KEMENKES PADANG

Authors

  • Lisa Rahmawati Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang
  • Mahdalena Prihatin Ningsih Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang
  • Nurul Aziza Ath Thaariq Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang

Abstract

Kompetensi lulusan seorang bidan berkaitan dengan kompetensi yang diperoleh pada saat masa pendidikan. Pembelajaran klinik merupakan kebutuhan utama dalam membentuk lulusan karena praktik klinik dapat merepresentasikan gambaran nyata dalam memberikan pelayanan. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan instruktur klinik tentang preseptor mentor di Poltekkes Kemenkes Padang. Jenis penelitian yaitu kuantitatif menggunakan metode eksperimen kuasi dengan one group pretest posttest design. Penelitian menggunakan intervensi berupa pelatihan preseptor mentor dengan metode simulasi dan roleplay. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Padang pada bulan Juni-Agustus 2023. Populasi penelitian ini adalah instruktur klinik (CI) puskesmas dan rumah sakit dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t test berpasangan. Hasil penelitian didapatkan terjadi peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan dengan nilai rata-rata sebelum 20,8 menjadi 27,7 setelah diberikan pelatihan dengan nilai p sebesar 0,0000. Ada pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan instruktur klinik tentang preceptor mentor di Poltekkes Kemenkes Padang. Institusi diharapkan dapat melaksanakan pelatihan ini secara berkala kepada semua instruktur klinik yang digunakan sebagai lahan praktik mahasiswa.

Kata Kunci: Pelatihan, Instruktur Klinik, Perseptor, Mentor

 

Downloads

Published

30-12-2023