KEPUASAN PASIEN LANSIA RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RS OTAK DR. Drs. M. HATTA BUKITTINGGI

Authors

  • Sri Hayulita Universitas Mohammad Natsir Yarsi Bukittinggi
  • Abdi Setia Putra Universitas Muhammad Natsir Yarsi Bukittinggi
  • Vivi Nurhalizah Universitas Muhammad Natsir Yarsi Bukittinggi

Keywords:

Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan pasien, Rumah Sakit

Abstract

Kepuasan pasien merupakan bagian terpenting dalam proses meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit salah satunya di Instalasi farmasi. Tingkat kepuasan pasien dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit, jika kepuasan pasien yang dihasilkan baik, berarti pelayanan yang diberikan oleh Instalasi Farmasi Rumah Sakit tersebut juga baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RS Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi tahun 2022. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang ada di instalasi farmasi, pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan besaran sampel sebanyak 96 orang. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 29 Agustus sampai 17 september 2022. Hasil Penelitian Tingkat kepuasan pasien menunjukkan puas dari beberapa dimensi yaitu pada dimensi, reliability (88,5%), assurance (59,4%), emphaty (100%), dan pasien menyatakan tidak puas pada dimensi tangible (85,4%) dan responsiveness (64,6%). Kesimpulan tingkat kepuasan pasien 74 responden menyatakan puas (77,1%). Indikator kepuasan pasien Instalasi Farmasi dapat diterapkan dengan meningkatkan manajemen pelayanan dan fasilitas di instalasi farmasi sehingga kepuasan selalu dapat terwujud.

Downloads

Published

30-12-2023